10 Kota Ramah Pelajar Terbaik di Dunia 2024 Versi QS, Ada Indonesia?

10 Kota Ramah Pelajar Terbaik di Dunia 2024 Versi QS, Ada Indonesia

Quacquarelli Symonds (QS), perusahaan kesimpulan pendidikan tinggi asal Inggris, lagi merilis daftar destinasi kota terbaik bagi pelajar internasional dalam kategori QC Best Student Cities 2024. QS beri tambahan penilaian terhadap 160 negara di dunia. Penilaiannya berasal dari dari enam indikator utama yang mencakup peringkat universitas, komposisi mahasiswa, ketertarikan terhadap kota berikut sebagai tujuan belajar, aktivitas industri, keterjangkauan biaya, dan pendapat pelajar.

Penilaian juga memperhitungkan populasi kota dengan minimal 250.000 jiwa  dan menjadi tuan rumah bagi dua univeritas dalam daftar QS World University Rankings terbaru.  Pertimbangan lainnya, yakni keterjangkauan biaya pendidikan, biaya hidup, jumlah pelajar sbobet alternatif internasional, keamanan dan kesehatan, serta survei dari mahasiswa.

Dari hasil penilaian, London, Inggris, menduduki peringkat pertama dengan mendapatkan skor sempurna, yakni 100 poin dari 100 poin.  “London sekali lagi mendapat peringkat sebagai kota terbaik di dunia untuk pelajar, kinerja ibu kota Inggris ini tak diragukan lagi sebab fakta bahwa London adalah rumah bagi institusi akademik paling bergengsi di dunia, seperti King’s College London dan UCL (University College London),” tulis QS di laman resminya.

Kemudian Tokyo m enyusul di urutan kedua yang mendapatkan skor 98 poin. Setelahnya ada Seoul yang mendapat 97,6 poin. Dua daerah ini menjadi perwakilan dari Asia yang masuk dalam daftar 10 besar ini.   Urutan keempat ada Melbourne yang mengantongi skor 97,3 poin dan kelima adalah Munich, dengan skor 97,1 poin. Indonesia sendiri tidak masuk daftar 10 besar ini. Namun beberapa kota tercatat masuk di atas 100 besar, yakni Jakarta (122), Yogyakarta (126), Bandung (133) dan Surabaya (145).

Berikut daftar 10 kota paling ramah pelajar di dunia berdasarkan QC Best Student Cities 2024:

  1. London (Inggris): 100 poin
  2. Tokyo (Jepang): 98 poin
  3. Seoul (Korea Selatan): 97,6 poin
  4. Melbourne (Australia): 97,3 poin
  5. Munich (Jerman): 97,1 poin
  6. Paris (Perancis): 96,3 poin
  7. Sydney (Australia): 96,2 poin
  8. Berlin (Jerman): 95 poin
  9. Zurich (Swiss): 95 poin
  10. Boston (Amerika Serikat): 92,3 poin

Untuk diketahui, QS memberikan penilaian terhadap 160 negara di dunia. Penilaiannya berasal dari dari enam indikator utama yang mencakup peringkat universitas, komposisi mahasiswa, ketertarikan terhadap kota tersebut sebagai tujuan belajar, aktivitas industri, keterjangkauan biaya, dan pendapat pelajar. Penilaian juga memperhitungkan populasi kota dengan minimal 250.000 jiwa dan menjadi tuan rumah bagi dua universitas dalam daftarQS World University Rankingsterbaru. Pertimbangan lainnya, yakni keterjangkauan biaya pendidikan, biaya hidup, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, serta survei dari mahasiswa.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!