Berkeinginan Lanjut Kuliah? Kenali Jenis Jenis Jenjang Pendidikan Tinggi di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa tipe dan tipe jenjang pengajaran tinggi yang bisa diambil setelah menyelesaikan pengajaran SMA/SMK atau sederajat. Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai tipe-tipe jenjang pengajaran tinggi di Indonesia.

Jenis-Jenis Jenjang Pendidikan Tinggi Indonesia
1. Diploma (D1-D4)
Jenjang Diploma terdiri dari D1, D2, D3, dan D4 yang lazimnya membutuhkan waktu studi selama 1-4 tahun. Jenjang pengajaran ini lebih konsentrasi pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan praktis di bidang tertentu, seperti akuntansi, manajemen, pariwisata,
dan lain sebagainya.

2. Sarjana (S1)
Sarjana atau Strata Satu merupakan jenjang yang membutuhkan waktu studi selama 4 tahun. Pendidikan S1 lebih konsentrasi pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang akademik dan teoritis, seperti ilmu sosial, ilmu alam, teknik, dan lain sebagainya.

3. Magister (S2)
Magister atau Strata Dua merupakan jenjang yang membutuhkan waktu studi selama 1,5-2 tahun. Pendidikan S2 lebih konsentrasi mahjong ways 2 pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang yang lebih spesifik dan mendalam. Alumnus S2 lazimnya
mempunyai gelar Magister dan bisa melanjutkan studi ke jenjang S3.

4. Doktor (S3)
Doktor atau Strata Tiga merupakan jenjang tertinggi yang membutuhkan waktu studi selama 3-5 tahun. Pendidikan S3 lebih konsentrasi pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang risinal dan inovatif. Alumnus S3 lazimnya mempunyai gelar Doktor dan
bisa melanjutkan karir sebagai akademisi atau peneliti.

Jenis-Jenis Pendidikan Tinggi Indonesia
Di Indonesia, terdapat beberapa tipe pengajaran tinggi yang bisa diambil setelah menyelesaikan pengajaran SMA/SMK atau sederajat. Berikut merupakan penjelasan singkatnya:

1. Universitas
Universitas merupakan tipe lembaga yang paling umum di Indonesia. Universitas menawarkan berjenis-jenis tipe program studi dari berjenis-jenis bidang, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, teknik, kedokteran, dan lain sebagainya. Universitas juga lazimnya
menawarkan jenjang pengajaran yang lebih tinggi, seperti program magister dan doktor.

2. Institut
Institut merupakan tipe lembaga pengajaran yang lebih konsentrasi pada pengajaran dan penelitian di bidang-bidang yang lebih spesifik. Lazimnya, institut menawarkan program studi yang lebih terbatas dibandingkan universitas, seperti bidang teknik, sains, atau seni.
Institut juga lazimnya menawarkan program magister dan doktor.

3. Politeknik
Politeknik merupakan tipe lembaga yang lebih konsentrasi pada pengembangan keterampilan praktis dan teknis di bidang-bidang tertentu, seperti teknik mesin, teknik elektro, atau manajemen. Politeknik menawarkan program studi yang lebih terbatas dibandingkan universitas, tapi lebih konsentrasi pada pengembangan keterampilan praktis dan aplikatif.

4. Akademi
Akademi merupakan tipe lembaga pengajaran tinggi yang lebih konsentrasi pada pengajaran dan pelatihan di bidang-bidang tertentu, seperti bidang penerbangan, perhotelan, atau pariwisata. Akademi menawarkan program studi yang lebih spesifik dan terbatas dibandingkan universitas atau institut, tapi lebih konsentrasi pada pengembangan keterampilan praktis dan aplikatif.

5. Sekolah Tinggi
Sekolah Tinggi merupakan tipe lembaga pengajaran tinggi yang lebih konsentrasi pada pengajaran di bidang-bidang tertentu, seperti bidang tata tertib, ekonomi, atau manajemen. Sekolah Tinggi menawarkan program studi yang lebih spesifik dan terbatas dibandingkan
universitas atau institut, tapi lebih konsentrasi pada pengembangan keterampilan praktis dan aplikatif.

Itulah beberapa tipe pengajaran tinggi di Indonesia. Tiap-tiap lembaga pengajaran tinggi mempunyai karakteristik dan konsentrasi yang berbeda-beda dalam penyelenggaraan pengajaran tingginya. Alternatif lembaga pengajaran tinggi yang ideal akan sungguh-sungguh bergantung pada ketertarikan dan bakat masing-masing individu, serta tujuan karir yang berharap ditempuh di masa depan.

Salah satu institut terbaik yang ada di Indonesia merupakan Institut Teknologi Telkom Surabaya yang berbasis Information and Communication Technology (ICT) berpusat pada bidang maritim, logistik, dan transportasi. Memiliki dua fakultas dengan masing-masing prodi favorit:
1. Fakultas Teknologi Elektro dan Industri Cerdas
2. Fakultas Teknologi Berita dan Bisnis

Cek masing-masing program studi untuk tahu lebih lanjut mengenai kurikulum sampai prospek profesi dan dapatkan passionmu hakekatnya!

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!