ID Food Dapat Tugas Datangkan 20 Ribu Ekor Sapi Sepanjang 2024

Holding BUMN Pangan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID Food akan mendatangkan sapi hidup yang diimpor berasal dari Australia. Jumlahnya capai 2.350 ekor yang dijadwalkan mampir sebelum akan Lebaran 2024 ini.

Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan memberikan impor sapi jadi penugasan berasal dari pemerintah. Secara kuota, ID Food diminta mendatangkan 20.000 ekor sapi sepanjang 2024 ini.

“Ada penugasan penyediaan sapi hidup 20.000 ekor sepanjang tahun. Di mana, sebelum akan Lebaran ini akan masuk 2.350 ekor sapi berasal dari Australia,” ungkap Frans didalam Konferensi Pers di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Dia menyatakan adanya impor sapi hidup ini untuk mahjong slot mencukupi keperluan daging segar didalam negeri. Salah satunya, keperluan menjelang Lebaran 2024.

Untuk mencukupi hal tersebut, Frans menghendaki Kementerian Pertanian untuk membolehkan sebagian sapi untuk dipotong lebih dahulu. Alhasil disetujui sebanyak 500 ekor sapi mampu dipotong usai tiba di Indonesia.

“Kementerian Pertanian telah sepakat sapi-sapi yang tiba 500 ekor mampu kita sembelih untuk nanti bantu ketersediaan daging segar. Dari 2.350 ekor itu tidak cukup lebih ada 25 % yang sebenarnya layak potong,” Frans.

Selain berasal dari sapi hidup, Frans menyatakan pihaknya juga mampu tugas untuk jalankan impor daging beku berasal dari Brazil. Besarannya ditetapkan 20.000 ton. “Frozen berasal dari Brasil ada selagi untuk mengadakan itu sepanjang dua bulan. Jadi mampir sehabis Lebaran. Mungkin April atau Mei 2024,” ucapnya.

Waduh, Stok Daging Sapi Terancam Langka selagi Ramadan

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (Aspidi) Suhandri memberikan bahwa stok daging sapi terancam langka selagi bulan puasa Ramadan 2024. Menyusul, adanya keterlambatan didalam penerbitan izin impor daging sapi beku oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Benar (langka) dikarenakan stok daging di distributor juga terkait berasal dari stok di importir, di samping ketersediaan sapi lokal yang saya kira juga belum siap stoknya,” ujarnya kepada awak media di Jakarta, Senin (11/3/2024).

Adapun, selagi penerbitan izin persetujuan impor daging sapi beku sendiri sekurang-kurangnya satu bulan sebelum akan pelaksanaan puasa Ramadan. Sedangkan, pada Ramadan tahun ini izin impor baru terbit pada dua pekan sebelum akan puasa.”Jika tahun 2023 lalu diterbitkan ijin impor bersama dengan awal Ramadan tahun 2023 mempunyai jarak selagi satu bulan berasal dari diterbitkan, namun untuk tahun 2024 ini hanya tidak cukup lebih 2 minggu bersama dengan awal Ramadan,” ucapnya.

Adapun, kuota pengajuan impor untuk daging sapi konsumsi sebesar 145.250 ton untuk tahun 2024. Sedangkan kuota impor daging sapi industri 5.100 ton.

 

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!