Ketahui Tentang Beasiswa Yang Akan Kalian Dapatkan

Kata “beasiswa” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “scholarship.” Kata ini sendiri berasal dari kata bahasa Jerman kuno “schol,” yang merujuk pada tempat pembelajaran atau sekolah. Seiring waktu, makna kata “scholarship” berkembang menjadi dukungan keuangan atau bantuan yang diberikan kepada individu untuk membantu mereka melanjutkan pendidikan atau penelitian.

Konsep memberikan dukungan keuangan kepada individu yang berprestasi atau membutuhkan untuk pendidikan telah ada dalam berbagai bentuk di berbagai budaya sepanjang sejarah. Beasiswa modern, seperti yang kita kenal sekarang, berkembang dari parlay bola praktik memberikan dukungan keuangan kepada pelajar atau peneliti pada abad pertengahan di Eropa.

Beberapa aspek sejarah beasiswa melibatkan:

  1. Universitas di Abad Pertengahan:
    • Pada abad pertengahan, universitas-universitas seperti Oxford dan Cambridge di Inggris atau Universitas Bologna di Italia telah menerapkan sistem beasiswa. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi untuk mendukung studi mereka.
  2. Pendanaan oleh Gereja dan Negara:
    • Pada periode berikutnya, pendanaan beasiswa sering kali berasal dari gereja atau negara. Institusi pendidikan dan pemerintah memberikan dukungan keuangan kepada individu yang dianggap berpotensi dan berprestasi.
  3. Beasiswa Pribadi dan Filantropi:
    • Seiring berkembangnya sistem pendidikan, banyak orang kaya atau organisasi filantropi mulai mendirikan beasiswa pribadi. Ini bisa menjadi bentuk dukungan untuk mendukung pendidikan yang lebih luas.
  4. Abad ke-20 dan Beasiswa Modern:
    • Abad ke-20 melihat perkembangan sistem beasiswa modern. Banyak pemerintah, yayasan, dan perusahaan mulai mendirikan program beasiswa untuk mendukung pendidikan tinggi dan penelitian.
  5. Beasiswa Internasional:
    • Dengan globalisasi pendidikan, banyak lembaga dan organisasi internasional juga mulai menyediakan beasiswa untuk mahasiswa dari berbagai negara.

Hari ini, beasiswa dapat mencakup berbagai jenis dukungan, termasuk biaya kuliah, biaya hidup, dan bahkan dana penelitian. Beasiswa dapat diberikan berdasarkan prestasi akademis, kebutuhan finansial, bakat khusus, atau kombinasi berbagai faktor. Tujuan utama dari beasiswa tetap membantu individu untuk mendapatkan akses ke pendidikan yang lebih tinggi dan untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan keahlian.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!