Pelatihan Multimedia Bagi Guru-guru SD di Kec. Buleleng

Pengabdian terhadap masyarakat ialah salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi selain pendidikan pendidikan dan penelitian. Pengabdian terhadap masyarakat ialah salah satu bentuk kontribusi perguruan tinggi dalam membantu masyarakat mengatasi masalah, meningkatkan kinerja, meningkatkan mutu, serta mempercepat kemajuan suatu masyarakat. Pengabdian yang dilakukan oleh Tim PkM Jurusan Teknologi Pengajaran Undiksha ialah salah satu bentuk pemakaian hasil-hasil penelitian di masyarakat khusus di dunia pendidikan. Tema pengabdian yang dilakukan pada tanggal 22 Juli 2017 ialah pelatihan dan pendampingan pembuatan multimedia pelajaran bagi guru-guru SD di gugus 7 Kecamatan Buleleng. Pkm ini diketua oleh Drs. I Ketut Pudjawan, M.Pd. dan narasumber yang diundang ialah I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., ST., M.Pd.

Seperti diketahui bahwa Multimedia ialah salah satu bentuk teknologi info yang telah sbobet login benar-benar familiar di era sekarang. Hasil-hasil penelitian menampakkan bahwa pemanfaatan multimedia dalam pelajaran memberikan manfaat positif bagus terhadap pelaksanaan ataupun hasil belajar. Adanya elemen teks, audio, video, animasi malah interaksi dalam multimedia mewujudkan pesan atau materi pelajaran akan lebih gampang dipahami, gampang diingat, membuat pesan menjadi lebih konkret, bahan bisa mencegah terjadinya mikonsepi. Selain itu pemanfaatan multimedia juga bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk itu telah sepatunya multimedia media bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pelaksanaan pelajaran.

Peserta dari pelatihan ini berasal dari tiga sekolah dasar ialah, SD Negeri 1 Banjar Bali, SD 1 kampung kajanan, dan MTs at Taufik. Segala peserta yang diundang ialah 30 orang. Pelatihan multimedia ini juga akan dilanjutkan dengan pendampingan pada hari pekan besoknya. Dengan demikian diinginkan dari pelatihan ini, para peserta bisa merajai teori ataupun keterampilan membuat multimedia pelajaran dan menerapkannya dalam pelajaran.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!