Pengajaran di Pedalaman Papua, Sekolah Sempat Tutup, Siswa Belajar Tanpa Seragam

Kampung Atti, Distrik Minyamur, yakni kampung di pedalaman Kabupaten Mappi, Papua. Di kampung itu cuma terdapat satu Sekolah Dasar (SD) yang sempat tutup dua tahun. Siswa di sekolah itu belajar dengan situasi sekadarnya.

Kabupaten Mappi yakni salah satu daerah yang berlokasi di Provinsi Papua komponen selatan. Beberapa besar wilayahnya yakni kawasan perairan dan rawa.

Letak antar kampung, kecamatan atau distrik di Mappi lazimnya berjauhan, sehingga butuh waktu cukup panjang untuk berpindah dari satu kampung ke kampung lainnya.

Yakni komponen pemekaran dari Kabupaten Merauke, dunia slot gacor 777 pendidikan di Mappi pelan mulai berkembang, walaupun belum merata.

Seperti yang tampak di Kampung Atti, Distrik Minyamur, yang letaknya masih sungguh-sungguh pelosok. Fasilitas pendidikan di kampung itu masih minim. Hanya terdapat satu Sekolah Dasar (SD) yang sempat tidak berjalan selama dua tahun.

Sekolah itu baru buka kembali pada tahun ajaran 2021-2022, setelah Pemerintah Kabupaten Mappi selasai membangun perumahan guru.

Akses sulit

Diana Da Costa, salah satu guru yang bertugas di SD Negeri Atti mengaku bergembira walaupun seharusnya tinggal di pelosok. Menurutnya, siswa di sekolah itu mempunyai ketertarikan belajar yang tinggi.

Diana yang yakni guru daya kontrak mengakui bahwa keberadaan sekolah itu sulit diakses. Untuk menuju Kampung Atti, Diana seharusnya mencapai perjalanan dua hari dari Distrik Keppi yang yakni ibu kota Kabupaten Mappi.

Dari Pelabuhan Agham yang berada di Keppi, Diana bersama dua rekannya, Fransisca E Berre dan Oktobianus Halla, seharusnya mencarter perahu motor seharga Rp 500.000 menuju Kampung Kaumi.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!