Perbedaan Antara Sekolah Negeri dan Swasta, Berikut penjelasannya Ada Kelebihan Dan Juga Kekurangan

Sekolah bisa dibilang sebagai rumah kedua bagi si kecil, sehingga memilihnya tak boleh dilakukan secara sembarangan. Sekolah tempat si kecil belajar juga bisa memberi pengaruh bagaimana perkembangan potensi mereka. Yang menjadi pertanyaan sekarang di beberapa orang tua ialah, mana yang lebih bagus, memilih sekolah negeri atau swasta ? lalu, apa perbedaan sekolah negeri dan swasta ? Untuk menjawab hal ini, yuk simak review berikut.

Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta
Perbedaan dalam Metode Pendanaan
Metode pendanaan sekolah negeri dan swasta umumnya berbeda. Sebab sekolah negeri menerima dana bantuan yang dinamakan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dari pemerintah. Sementara dana operasional sekolah swasta umumnya dari orang tua siswa.

Perbedaan dalam Tarif Sekolah
Sebab memiliki perbedaan dari sistem slot 77 pendanaan, tentu tarif sekolah yang patut dikeluarkan pun berbeda. Sekolah negeri pada umumnya memerlukan tarif yang lebih terjangkau lantaran memperoleh dana bantuan dari pemerintah. Di lain sisi, sekolah swasta punya tarif yang bervariasi. Kian bagus mutu sekolahnya, karenanya SPP ataupun tarif pendaftarannya akan kian tinggi.

Perbedaan dalam Zonasi dan Pendaftaran
Perbedaan sekolah negeri dan swasta juga bisa dilihat saat registrasi siswa baru. sekolah negeri di Indonesia menggunakan sistem zonasi selama beberapa tahun terakhir. Jadi, sekolah hanya menerima calon siswa yang datang dari lingkungan sama.

Informasinya, pemerintah sedang mengukur kembali sistem hal yang demikian dan menetapkan untuk menghapusnya. Walaupun, untuk sekolah swasta sendiri tak menggunakan sistem zonasi. Jadi, Anda bebas memasukkan si kecil di sekolah swasta yang diinginkan meski lokasinya tak di lingkungan tempat tinggal.

Perbedaan dalam Kwalitas Pendidikan
Dari segi mutu pendidikannya, ini sungguh-sungguh relatif. Sebab ada banyak sekali sekolah swasta di Indonesia yang kualitasnya lebih dari sekolah negeri. Namun, tak dikesampingkan ada juga sekolah swasta yang kurang berkualitas.

Untuk permasalahan kurikulumnya sendiri, sekolah negeri tergantung dari kebijakan pihak Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Kesibukan ini tentu berbeda dari sekolah swasta yang lebih leluasa dalam menetapkan kurikulumnya.

Perbedaan dalam Seragam Sekolah
Seragam sekolah negeri umumnya sudah diatur oleh pemerintah. Sementara, sekolah swasta punya satu seragam khusus yang menjadi identitas bagi sekolah mereka, meski secara umum tak jauh berbeda dengan sekolah negeri.

Perbedaan dalam Jumlah Siswa dan Ukuran Kelas
Sebab belajar di sekolah swasta tak jarang dievaluasi lebih efektif sebab jumlah siswa untuk satu kelas umumnya tak lebih dari 20 orang, pun ada pula yang optimal hanya 10 orang. Di lain sisi, sekolah negeri punya siswa sekitar 30-40 orang dalam satu kelas.

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Swasta
Kelebihan Sekolah Swasta
Sekolah swasta punya banyak kelebihan yang ditawarkan. Seperti Global Prestasi School yang kurikulumnya yang fleksibel, fasilitas yang komplit, mutu pendidikan yang tinggi, memiliki konsentrasi khusus pada bidang tertentu, serta tak jarang menjalin kemitraan dengan komunitas dan industri setempat.

Kekurangan Sekolah Swasta
Punya banyak kelebihan, sekolah swasta juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya tarif sekolahnya lebih tinggi dan kurangnya akuntabilitas publik sebab dikelola oleh entitas swasta.

Peranan Orang Tua dalam Pemilihan Sekolah Swasta
Sebab tak semua sekolah swasta bagus, karenanya orang tua punya peran yang besar dalam pemilihan sekolah. Apalagi sekali-sekali si kecil hanya memilih sekolah mencontoh temannya, atau pun hanya memilih sekolah tertentu sebab seragamnya dievaluasi bagus. Jadi orang tua punya peran yang sungguh-sungguh besar di sini.

Perbedaan dalam Kwalitas Guru di Sekolah Swasta
Perbedaan sekolah negeri dan swasta bisa dilihat dari mutu gurunya. Pengaruh sekolah negeri juga punya banyak guru berkualitas, tetapi guru di sekolah swasta bisa lebih mengamati peserta didiknya. Mengingat bahwa jumlah siswanya yang tak terlalu banyak dalam satu kelas.

Tarif Besarnya Tarif Sekolah Swasta pada Keluarga
Besarnya tarif sekolah swasta sudah pasti memiliki akibat yang besar bagi perekonomian keluarga. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk memilih secara cermat sekolah si kecil sehingga tarif yang dikeluarkan tak sia-sia.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!