Sekolah Swasta Mengharapkan Fleksibilitas Kebijakan

Founder and chairman of Singapore Intercultural School (SIS), Jaspal Sidhu berharap sekolah swasta dikasih fleksibilitas dalam mengoperasionalkan sekolah. Dengan fleksibilitas yang mumpuni, maka sekolah swasta bisa beradaptasi dan meningkatkan kwalitas dengan lebih bagus.

Jaspal mengatakan, sekolah swasta benar-benar tergantung pasar dalam operasionalnya. Jadi semestinya kapabel berkompetisi dan beradaptasi.

“Survive kita tergantung tekanan pasar, jadi jika enggak ada murid ya sekolah enggak ada iuran,” kata Jaspal dalam FGD Peran Swasta Dalam Cetak Biru Pendidikan, Selasa, 12 Mei 2020.

Untuk itu, fleksibilitas bagi sekolah swasta menjadi benar-benar penting. Karena selain untuk bisa link sbobet beradaptasi tetapi juga menghadapi undang-undang daerah yang berbeda, sehingga kesulitan saat akan membuka sekolah baru.

“Sebagai operator yang kami hadapi setiap provinsi, kota kami masuk undang-undang atau Undang-Undangnya berbeda, itu bikin pusing. Teladan semestinya ada bahasa lokal, bahasa daerah,” terangnya.

Kecuali itu, permasalahan lainnya yakni saat akan membangun sekolah umpamanya, tanah malah semestinya dibeli. Tidak boleh menyewa, meskipun jika berkaca pada Singapura, sekolah Internasional justru dikasih izin menyewa tanah untuk sekolah dalam jangka panjang.

Kecuali itu menurutnya, sekolah swasta juga semestinya dikasih independensi dalam melakukan sekolah.

“Aku mengerti maksud objektifnya, sebab berharap menjaga kelangsungan belajar. Namun enggak ada jalan keluar lain, enggak fleksibel kebijakannya. Misal tanah bisa kami sewa long term,” ujarnya.

Senada, pengamat pengajaran dari Center of Education Regulation and Development Analysis(Cerdas), Indera Charismiadji yang menyajikan sekolah swasta memang semestinya dikasih independensi. Karena semakin independen sekolah swasta, maka akan berimbas pada peningkatan kualitasnya.

Namun dengan catatan dikunci pada tiga hal, yakni Ialah Ideologi, keselamatan peserta didik dan perlindungan konsumen. “Lainnya biarkan mereka bebas dan tidak perlu takut menciptakan sekolah komersial sebab semakin mereka (sekolah swasta) komersial, pajaknya semakin tinggi, dan ini berkhasiat bagi bangsa,” kata Indera.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!