Gunung Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan Indah, Ada Puncak Papua

Indonesia adalah negara kepulauan yang dihiasi dengan banyak pegunungan tinggi. Gunung tertinggi di Indonesia bahkan ada yang masuk ke dalam kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Bukan hanya memiliki kawasan pegunungan tinggi, kenampakan alam Indonesia juga sangat indah dan memukau. Beberapa kawasan pegunungan tinggi banyak yang dihiasi dengan air terjun dan pemandangan yang memukau.

Lantas di mana puncak gunung tertinggi di Indonesia? Ini ulasan 10 gunung tertinggi yang ada di Tanah Air.

gunung tertinggi di Indonesia
gunung tertinggi di Indonesia salah satunya puncak jaya Papua

Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Puncak Jaya yang ada di Papua, Indonesia. Puncak Jaya Papua memiliki ketinggian 4.884 meter dan dikelilingi oleh gletser tropika. 

Pegunungan ini menjadi salah satu gunung tertinggi yang berhasil masuk dalam kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Gunung Mandala

Puncak gunung tertinggi di Indonesia yang kedua adalah Gunung Mandala. Ini juga merupakan puncak gunung tertinggi yang masih ada di tanah Papua. Gunung Mandala merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya. Gunung ini mempunyai ketinggian hingga 4.670 mdpl.

gunung tertinggi di Indonesia
Gunung Wilhelmina atau Gunung Trikora

Gunung Wilhemina

Satu lagi gunung di Papua yang masuk jajaran puncak tertinggi di Indonesia, yakni Gunung Wilhelmina atau Gunung Puncak Trikora. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 4.750 mdpl. Pemandangan di sekitar pegunungan Trikora ini juga sangat indah, yakni dikelilingi Hutan Montane, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas.

Baca juga: Resep Lumpia Semarang Renyah Dan Basah Yang Enak Dan Mudah Dibuat

Gunung Pilimsit

Pada zaman kolonial, Gunung Pilimsit terkenal dengan Gunung Idenburg. Gunung ini terletak di Provinsi Papua, pada kawasan pegunungan Maoke. Tinggi Gunung Pilimsit mencapai 4.717 mdpl.

gunung tertinggi di Indonesia
Puncak Tertinggi di Indonesia

Gunung Kerinci

Urutan gunung tertinggi di Indonesia yang keempat adalah Gunung Kerinci. Berdasarkan kutipan dari  Celebrities.id,  Gunung Kerinci memiliki ketinggian hingga 3.805 mdpl. Gunung ini masih aktif, dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Selain menjadi puncak tertinggi, kawasan Gunung Kerinci juga tak kalah indah, dihiasi oleh hamparan perkebungan dan bunga.

Gunung Rinjani

Masuk dari daerah Nusa Tenggara Barat, ada Gunung Rinjani yang menjadi salah satu gunung Tertinggi. Rinjani juga merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dan terus meletus pada 2009-2010. Puncak Gunung Rinjani memiliki ketinggian hingga 3.726 mdpl dan dihiasi dengan danau kawah berwarna biru yang mencuri perhatian.

Gunung Semeru

Gunung semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Semeru masuk ke dalam gunung berapi yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang., Jawa Timur. Pemandangan puncak Semeru terkenal indah, karena dikelilingi oleh hutan cemara, hutan pinus, Danau Ranu Kumbolo dan perbukitan.

Rahman Pradana

Penikmat kopi yang punya hobi jalan jalan ke luar negeri, terutama Puerto Rico. Suka sharing seputar tips traveling, dan mencicipi berbagai kuliner terbaik di semua daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *