Ujian kelulusan SMA di Kamboja kembali digelar

Sebanyak 114.183 siswa Kamboja mencontoh ujian kelulusan sekolah menengah atas (SMA) nasional pada Senin (27/12) sesudah kondisi pandemi COVID-19 terkendali.

Ujian tahunan tersebut ialah prasyarat bagi siswa kelas 12 untuk melanjutkan studi mereka ke tingkat universitas.

Saat ujian yang berlangsung selama dua hari itu, para peserta mencontoh tes dalam mata pembelajaran Bumi dan lingkungan, geografi, sejarah, biologi, bahasa asing, sastra Khmer, matematika, kimia, fisika, dan adab-kewarganegaraan, demikian pernyataan Kementerian Pendidikan Kamboja.

Menteri Pendidikan Kamboja Hang Chuon Naron ketika mengunjungi sentra ujian di Sekolah Menengah Atas Preah Sisowath di Phnom Penh,ibu kota Kamboja, mengatakan terhadap media bahwa terdapat 204 sentra ujian dengan 4.616 ruangan.

“Segala kekuatan pengajar dan peserta ujian patut mematuhi langkah-langkah kesehatan dan keselamatan secara ketat, termasuk mengenakan masker, mencuci tangan, memeriksa suhu tubuh, dan menjaga jarak jasmaniah, guna mencegah penyebaran COVID-19,” kata dia.

Sang menteri mengatakan dua orang siswa yang teruji positif COVID-19 sesudah kembali slot online 777 ke negara itu dari Kazakhstan, daerah mereka berpartisipasi dalam Kejuaraan Karate Senior Asia 2021, juga diperkenankan untuk mencontoh ujian di sentra perawatan COVID-19 di ibu kota negara itu.

Pada 2020 pemerintah meluluskan seluruh siswa kelas 12 secara otomatis tanpa patut mencontoh ujian imbas pandemi.

Naron mengatakan ujian kelulusan kembali digelar pada 2021 sesudah negara kerajaan tersebut mencapai tingkat vaksinasi COVID-19 yang tinggi dan penurunan signifikan dalam kasus baru COVID-19 selama beberapa bulan terakhir.

Kamboja sejauh ini sudah menyuntikkan setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 terhadap 14,24 juta orang, atau 89 persen dari 16 juta penduduknya, demikian data Kementerian Kesehatan Kamboja.

Dari jumlah itu, 13,62 juta orang, atau 85,1 persen, sudah vaksinasi lengkap dengan dua suntikan patut, dan 3,39 juta atau 21,2 persen sudah mendapatkan suntikan penguat atau booster.

Beberapa besar vaksin yang dipakai dalam kampanye inokulasi di negara itu ialah Sinovac dan Sinopharm asal China.

Artikel yang Direkomendasikan

error: Content is protected !!